Review Film – Captain America: Civil War

Captain America: Civil War adalah film yang mengisahkan tentang kondisi paska pertempuran Avengers dengan Ultron  di sokovia yang berakibat banyaknya jatuh korban jiwa dan kerusakan yang terjadi yang mana akibat dari pertempuran Avengers ini sudah tidak bisa ditoleransi lagi oleh dunia sehingga menyebabkan Perselisihan di antara Avengers sehingga terpisah menjadi 2 kubu, Kubu Iron Man (selanjutnya disebut Stark) yang menyetujui registrasi para pahlawan super di bawah pemerintah dan kubu Captain America (selanjutnya disebut Capt) yang menolak registrasi pahlawan super. Film ini merupakan Adaptasi dari seri komik Marvel Comic Event dengan judul Civil War yang dibuat oleh Mark Millar, Steven Mcniven dan Dexter Vines. Film ini disutradarai oleh Russo Brothers, Anthony dan Joe Russo (Captain America: The Winter Soldier) dan ditulis oleh Christoper Markus dan Stephen McFeely (Captain America: The First Avenger, Thor: The Dark World, Captain America: The Winter Soldier, The Chronicles of Narnia)

[Ulasan terkait film ini adalah menurut pemahaman dan pendapat saya dan berusaha tidak memuat Bocoran atau Spoiler untuk yang belum menonton]

Dengan menggunakan sedikit pengingat atau mungkin bisa disebut call back ke momen momen yang sudah terjadi di film-film Marvel Cinematic Universe sebelumnya yang mana mengakibatkan Collateral Damage yang sangat parah (wow finally their think and talk about Collateral Damage) yang mengharuskan dilakukannya registrasi manusia super yang menjadi premis dasar dari film ini sangat menarik dan memberikan fondasi yang bagus untuk alasan perselisihan antara Iron Man / Tony Stark yang merasa bersalah karena hal hal yang selama ini Avengers sebabkan dan Capt. America / Steve Rogers yang merasa jatuhnya korban tidak bisa dihindari dan mereka mencoba melakukan hal yang benar.

Tetapi hal yang membuat pertikaian ini semakin memanas adalah kehadiran Bucky Barnes / Winter Soldier yang mana sudah diceritakan di trailer promosi film ini adalah sahabat dari Capt yang ingin ditangkap oleh pemerintah karena merupakan kriminal dan teroris tetapi Capt ingin menyelamatkannya. Konflik yang disebabkan Bucky ini menurut saya sangat sangat menarik dan menambah kuatnya pondasi premis konflik yang ada, nasib hidup dan mati seorang sahabatnya yang merupakan masalah yang lebih emosional dan personal dibanding “sekedar” karena alasan registrasi superhero menambah motivasi dari karakter Capt untuk melawan Stark dan regulasi yang sudah ada menjadi lebih intens.

di film ini diperlihatkan sisi lain dari Capt yang selama ini digambarkan sebagai seorang yang mempunyai karakter sebagai pemimpin bijaksana dan yang selalu patuh pada peraturan dan hukum. tetapi disini diperlihatkan sisi abu-abu dari Capt yang ternyata bisa bias karena masalah personal dan menjadi tidak objektif. Ah memangnya yang benar benar objektif itu seperti apa? Bukankah seobjektif-objektifnya sebuah pendapat tetap keluar dari orang yag subjektif? Stark dan Natasha RumanoffBlack widow juga mempunyai karakter yang kuat disini.

Eksekusi film ini menurut saya sangat bagus dengan premis yang sudah ada kemudian berkembang menjadi masalah yang lebih serius, dapat diceritakan dengan kecepatan yang pas secara tidak tergesa-gesa, sub-konflik yang munculpun semakin memperkuat film ini, dan masuknya berbagai karakter ke dalam konflik yang terjadi juga terkesan tidak dipaksakan. Karakter Black Panther yang diperankan Chadwick Boseman muncul di film ini di waktu yang tepat dan mempunyai motivasi karakter yang kuat mengapa sampai bisa ikut terlibat di konflik  perseteruan Stark melawan Capt (yang mana tidak bisa saya sebutkan karena memuat bocoran atau Spoiler)

Karakter Baron Zemo yang diperankan Daniel Bruhl (Inglorius Basterd) juga sangat bagus dan membuat anda bertanya tanya apa motif dan yang diinginkan dari Zemo sehingga mencampuri suasana keruh konflik ini sampai terjawab di akhir bagian film. Menurut saya Kekurangannya adalah beberapa Karakter seperti Clint Barton / Hawkeye dan Scott lang / Ant-Man tidak mempunyai latar belakang dan motif yang kurang kuat yang seharusnya bisa digali lebih dalam mengapa mereka ikut terlibat di Konflik, Atau mungkin saya yang kurang menangkapnya?

kekhawatiran akan ramai atau crowded nya film ini karena banyaknya tokoh superhero yang ada pun akhirnya tidak menjadi masalah, jangan khawatir, karena walaupun mempunyai banyak tokoh dengan karakter dan kekuatan yang berbeda beda tetapi Marvel bisa membuat tiap tokoh benar benar menjadi karakternya dan Fight Scene dengan koreografi yang sangat bagus dan tidak membingunkan dan asal-asalan karena banyaknya tokoh. Beberapa Fight Scene terasa sangat intens karena suasana yang ada dan kecepatan gerakan koreografinya.

Penampilan Ant-Man dan Spider-Man saat mereka beraksi benar benar menjadi Scene stealer di film ini. Walaupun anda sudah melihat Spider-Man di trailer promosi dari film ini tetapi tetap saja kemunculannya benar benar mencuri sorotan-sorotan dari karakter karakter yang lain. Ini adalah film dibawah judul Captain America dan semua orang membicarakan tentang Spider-Man, benar benar Attention stealer bastard.

Awalnya saya sangka film ini tidak akan banyak memuat lelucon-lelucon celotehan jenaka atau witty khas film Avengers tapi ternyata cukup banyak juga selipan lelucon witty tersebut yang memberikan nilai humor lebih pada film ini. Walaupun banyak lelucon lelucon witty khas Avengers tersebut yang menambah muatan fun dalam film ini tetapi harus diakui ada beberapa momen dan scene yang terasa mempunyai tone atau nuansa yang Dark tidak seperti film-film dari Marvel Studio kebanyakan.

Sound scoringnya menurut saya di beberapa bagian sangat bagus, tetapi dibagian yang lain kurang terasa dan jadi biasa saja. masalah Visual effect bagus dan tentunya untuk produksi sebesar ini tidak perlu diperatnyakan lagi

Kalau sudah melihat materi promosi berupa trailer promosi saat sudah menonton sekiatar 70% dari film anda akan sudah mendapat gambaran bagaimana kelanjutan plot yang akan terjadi kedepannya. Menurut saya ada beberapa scene yang akan sangat bagus dan memiliki efek kejut dan takjub lebih jika anda belum melihatnya di tv-spot promosi film ini.

Kolaborasi Russo Brother dengan S. Mcfeely dan C. Markus berhasil membuat film tentang konflik sesama Superhero seperti Avengers yang harus tercerai-berai dengan story-telling yang sangat bagus. Sepertinya untuk saat ini memang film Captain America: Civil War ini bisa disebut film Marvel terbaik setelah Captain America: The Winter Soldier.

Captain America: Civil War = 8.8/10

Tom Holland sebagai Spider-Man (di film ini) = 8/10

tambahan

saya bukan seorang massive comic book reader  tapi karena rasa penasaran saya pernah membaca seri komik Civil War dan beberapa komik tie-in nya. menurut saya hal yang lebik baik di film ini dibandingkan dengan versi komik adalah sudut pandang atau penggambaran yang seimbang. misalnya, di versi Komik Stark dan kubu registrasi digambarkan menjadi sosok yang sangat Fasis. akan tetapi di versi film kita dapat melihat bagaimana penggambaran pada kedua tokoh Stark dan Capt bisa lebih berimbang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s