Stranger Things Review: ya, memang aneh

Stranger Things, series persembahan dari Netflix. Season pertama mulai tayang sekitaran bulan juli 2016 kemarin. Menceritakan tentang Will Byers yang menghilang saat perjalanan pulang kerumah setelah selesai bermain bersama kawan-kawannya. mengabaikan larangan dari Chief hopper untuk tidak ikut mencari will dimalam pencarian karena berbahaya, kawan-kawan dari Will, yaitu Mike, Dustin dan lucas mencari will ke area hutan dimana diduga tempat will menghilang, dan malah bertemu seorang gadis aneh bernama Eleven. Misteri dan keanehan pun dimulai. Diperankan oleh Winona Ryder, Finn Wolfhard, Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo, Caleb Mclaughlin, Noah Schnapp dan David Harbour. Dibuat oleh The Duffer Brothers.

Saya mungkin agak telat baru bisa menonton serial ini beberapa minggu kemarin, tapi beruntung saya tetap bisa menghindari spoiler yang bertebaran di berbagai jejaring di internet.

Serial ini bisa dibilang secara kesuluran dalam satu season ber-genre campur aduk alias horror, mystery, sci-fi, supernatural dan drama (tentu saja). Disatu episode terasa kuat sekali horror / mystery-nya sedangkan ada episode yang terasa “wah porsi dramanya banyak ya” tetapi bagian akhir tiap episode selalu dapat meberikan rasa penaran dan tidak sabar dengan apa yang akan terjadi diepisode selanjutnya, sehingga anda langsung menonton episode selanjutnya, selanjutnya dan selanjutnya.

Stranger Things
Stranger Things

Winona Ryder sangat bagus memerankan Joyce byers, yang karena kehilangan anaknya mengalami emotional wreck dan hampir gila, dari episode pertama sampai akhir, karakternya tetap sedih, marah, bingung, emosional, stress,  campur aduk. Kelima anak-anak pra-remaja yang memerankan tokoh utama juga bagus. Finn, Gaten, Caleb, dan Noah yang memerankan Mike, Dustin, Lucas dan Will ini believeble kalo mereka memang sahabat. Millie yang memerankan Eleven bisa dibilang memang karakter yang paling mencuri perhatian, millie memerankan karakter yang eleven yang canggung, pemalu dan aneh dengan sangat sangat bagus. Satu tokoh lagi yang luar biasa adalah Chief Hopper (David Harbour) karena menurut saya pengembangan karakternya bagus, di episode-episode awal kesannya beliau ini hanya tokoh polisi pemalas dikota kecil, seperti tokoh yang cuman lewat begitu, tapi seiring berlanjutnya episode Chief hopper menjadi tokoh yang keren sangat membantu tokoh-tokoh utama

stranger things 2

Sinematografinya menurut saya bagus banget untuk Series, editingnya lumayan, visual effectnya standar saja, semoga diseason selanjutnya visual effect bisa lebih baik karena menurut asumsi saya dengan semakin banyaknya penggemar, kemungkinan budget produksi akan lebih ditingkatkan kan? Haha. Diseries ini music scoringnya bagus, jelas dan berciri-khas, sepertinya The Duffer Brothers dan orang yang membuat music score, Michael Stein dan Kyle dixon ter-influence oleh scoring music dari film-film John Carpenter.

Setting 80an nya juga bagus, dari bangunan, pakaian, musik dan film. Banyak film-film sci-fi, horror, dan mystery yang menjadi easter egg atau refrensi . Seperti refrensi film yang terselip di dialog para tokoh dan berupa penampakan poster-poster film horror classic (((penampakan))). Soundtrack yang mengisi serial ini juga musik-musik dari era 80an, seperti lagu “Should i stay or should i go” dari The Clash yang beberapa kali terdengar.

Hmm, apalagi ya… Kalo anda penggemar film-film sci-fi era 70-80an mungkin bakalan suka serial ini karena banyak homage untuk film-film sci-fi  classic dan mystery yang dijadikan refrensi oleh the duffer brothers.

Saya rekomendasikan untuk anda yang suka dengan genre mystery, ya sudah segitu saja. Masih Banyak pertanyaan yang belum terjawab di season pertama ini yang membuat makin tidak sabar dengan season selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s